Prolog: New Life Style with Upcycled


            Hai, salam kenal, saya Amelia Christiawan S, bisa dipanggil Amel, atau beberapa teman asing memanggil Emy, sebetulnya karena penyebutan nama saya Emilia lebih terasa ear catchy hahaha. Saya seorang mahasiswa yang hingga saat ini belum lulus karena sibuk menimba ilmu kehidupan (alibi keren) :p . Saya bergerak dibidang fashion, karena kebetulan dari kecil senang menggambar lalu semakin dewasa semakin menuju ke arah fashion design. Sempat membuat brand dan store yang hingga kini masih merasakan nikmatnya merintis. Mempunyai cita-cita tinggi dalam dunia fashion dan merasa ini adalah perjalanan panjang karena memiliki keinginan luhur yang cukup sulit dimengerti oleh orang lain.
            Saya memiliki banyak kesenangan, seperti menulis, menggambar terutama fashion illustrasi, membuat kerajinan, berwirausaha, menjalin banyak pertemanan, berolahraga, terkadang juga memasak walau sering enggak enak dan failed hahaha. Saya berkepribadian kompleks, yang lebih condong memiliki jiwa leadership dan independent serta creative person. Saya mempunyai blog yang tidak terlalu aktif namun masih sering saya pantau hingga sekarang. Isi blog saya sebelumnya lebih kepada cerita pribadi, motivasi, bisnis, dan sedikit tentang pengalaman dalam bidang fashion. Kalian bisa mampir ke blog saya kalau penasaran : meandeachotherblablablah.blogspot.com
            Lalu, kenapa sekarang saya membuat blog lagi? Ceritanya sangat panjang tapi saya singkat aja deh! Jadi, sekitar 1 tahun yang lalu, saya pergi ke salah satu acara seni yang ada stand-standnya gitu. Mampirlah saya ke salah satu stand yang menarik perhatian saya karena memajang beberapa barang yang familiar tetapi terlihat sangat unik di mata saya. Barang yang terlihat itu seperti tutup botol bekas, botol minuman plastik bekas, dan beberapa barang unik lainnya dan yang lebih unik lagi karena yang berjaga adalah seorang bapak-bapak sendirian!. Saya yang curious lalu mendekat dan mencari tahu, apasih yang beliau pajang?, lalu dengan bersemangat beliau menjelaskan bahwa itu adalah barang-barang upcycled, saya yang baru mendengar hal itu pertama kali semakin bingung dan semakin penasaran, “upcycled=recycled gaya barukah? pikir saya”. Beliau menjelaskan, bahwa upcycled adalah hal yang berbeda dengan recycled, recycled berarti mendaur ulang, upcycled berarti membuat menjadi baru (up), contohya jika recycled seperti menghancurkan botol plastik bekas lalu menjadi material baru sehingga dapat digunakan untuk membuat barang baru, sementara itu upcycled adalah menggunakan botol plastic bekas menjadi tempat pensil atau vas bunga dll tanpa perlu proses merubah material aslinya. Oh… mulai ngerti. Jadi maksud dari upcycled ini memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang baru yang fungsional tanpa perlu mendaur ulang terlebih dahulu, “wah kereeen” pikir saya. Setelah cukup puas bertanya-tanya pada beliau, saya membeli satu barang sebagai cinderamata, yakni rautan dari botol plastik, karya beliau yang maaf banget lupa bertanya nama beliau, jika beliau membaca tulisan saya, saya harap kita dapat bertemu lagi dan mungkin bisa menjalin silaturahmi atau bikin proyek bareng gitu :p. Acara itu kalau ga salah tahun 2014 akhir di Plaza Pasar Ngasem Yogyakarta, dan hebatnya saya lupa juga acaranya apa -_- maafkaaan. Setelah pulang dari acara tersebut saya sempat mencari-cari tentang upcycled dan berhentilah rasa penasaran saya dan hilang ditelan kesibukan.
            Belum lama ini saya dihubungi seorang teman yang dihubungi oleh temannya yang seorang editor, membutuhkan penulis untuk tema rajutan, sehingga ia berpikir untuk menghubungi saya. Pada akhirnya saya bertemu dengan temannya teman saya tersebut dan berbincang, saya mengajukan topik yang lain yakni upcycled karena saya sendiri tidak terlalu ahli dengan rajutan, walaupun saya bisa. Beliau sempat tertarik dan menyuruh saya untuk membuat pengantar, namun hingga kini tidak berkelanjutan mungkin tulisan saya kurang menarik atau tidak mendapat persetujuan dari redaksi saya kurang paham. Setelah mencoba menulis pengantar tersebut, saya malah menjadi semakin tertarik dengan upcycled, hingga keinginan untuk memperdalam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan malah tidak terbendung. Maka dari itu saya membuat blog ini, tadaaaa… LivingUpcyledIndo.Blogspot.com.
            Blog ini saya dedikasikan untuk upcycled, khusus, dan akan berjanji untuk tidak keluar jalur hahahaha. Tujuan saya sederhana, hanya ingin memperkenalkan upcycled menjadi salah satu gaya hidup baru yang dapat membantu manusia dari kepunahan. Enjoy my blog!!




Cinderamata upcycled bottle sharpener



Amelia Christiawan S- Founder Living Upcycled Indo

Share:

0 comments